Beranda | Artikel
Perintah Mendoakan Orang yang Bersin
1 hari lalu

Bersama Pemateri :
Ustadz Syafiq Riza Basalamah

Perintah Mendoakan Orang yang Bersin adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Al-Adabul Mufrad. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A. pada  Senin, 7 Safar 1446 H / 12 Agustus 2024 M.

Kajian Islam Tentang Perintah Mendoakan Orang yang Bersin

Dari Al-Barra’ bin Azib berkata,

أمرنا رسول الله صلى الله عليه وسلم بسبع ونهانا عن سبع أمرنا بعيادة المريض واتباع الجنائز وتشميت العاطس وابرار المقسم ونصر المظلوم وإفشاء السلام وإجابة الداعي ونهانا عن خواتيم الذهب وعن آنية الفضة وعن المياثر والقسية والإستبرق والديباج والحرير

“Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memerintahkan kepada kami dengan tujuh hal dan melarang kami dengan tujuh hal. Beliau telah memerintahkan kepada kami untuk menjenguk orang sakit, mengikuti jenazah, menjawab orang bersin, memenuhi sumpah, menolong orang yang dizalimi, menyebarkan salam, dan menghadiri undangan. Beliau melarang kami untuk memakai cincin emas, menggunakan wadah dari perak, menggunakan bantal dari sutra, memakai kain dari katan (flax), memakai kain dari istabraq (sutra tebal), memakai kain dari dibaj (sutra halus), memakai kain dari sutra.” (HR. Bukhari)

Pada hadits ini Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memerintahkan kepada tujuh hal dan melarang dari tujuh hal. Beberapa hadits lainnya menyebutkan tanda-tanda orang munafik ada tiga, dan angka sering digunakan dalam hadits untuk memudahkan pengingatan dan pemahaman. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam juga menyebutkan tujuh golongan yang akan mendapat naungan Allah pada hari kiamat, saat tidak ada naungan kecuali naungan-Nya. Penyebutan angka ini membantu mempermudah pengingat bagi para sahabat dan umat Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Tujuh Perintah

Mengunjungi Orang Sakit
Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memerintahkan untuk membesuk orang yang sakit. Mengunjungi dan menghibur saudara yang sedang sakit adalah hal yang penting dalam Islam. Dalam Islam, orang-orang beriman bersaudara meskipun tidak satu etnis atau bahasa. Kunjungan dan doa bagi yang sakit bisa memberikan dampak positif, kadang lebih daripada pengobatan medis.

Mengikuti Jenazah
Mengikuti jenazah adalah fardhu kifayah. Ini termasuk memandikan, menshalati, dan mengantarkan jenazah ke tempat pemakaman. Pahala besar diperoleh dari aktivitas ini. Misalnya, ketika seseorang menshalati jenazah, dia akan mendapatkan pahala satu qirat. Jika menshalati kemudian menghantarkan jenazahnya, dia akan mendapatkan dua qirat. Para sahabat bertanya mengenai ukuran qirat, dan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menjelaskan bahwa satu qirat seperti gunung Uhud.

Mendoakan Orang yang Bersin
Ketika seseorang bersin dan memuji Allah, dianjurkan untuk mendoakannya dengan doa “Yarhamukallah” (Semoga Allah merahmatimu).

Memenuhi Sumpah
Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengajarkan agar kita memenuhi sumpah yang telah diucapkan dengan nama Allah ‘Azza wa Jalla. Jika seseorang bersumpah dengan nama Allah, seperti dalam kasus seseorang yang mengatakan, “Wallahi, kamu harus ke rumah saya,” maka kita sebaiknya memenuhi sumpah tersebut. Jika tidak dapat dipenuhi, maka dia wajib membayar kafarat.

Menolong Orang yang Dizalimi
Menolong orang yang dizalimi merupakan perintah Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Ini termasuk menyelamatkan orang dari kezaliman. Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengatakan bahwa kezaliman adalah kegelapan pada hari kiamat. Kita harus berusaha untuk membantu mereka yang tertindas dan mencegah terjadinya kezaliman. Selain menolong orang yang dizalimi, kita juga harus menolong orang yang melakukan kezaliman dengan cara mencegah mereka dari melakukan tindakan yang zalim. Menolong dalam konteks ini berarti menghalangi dan memperbaiki tindakan mereka agar tidak melanjutkan kezaliman.

Menyebarkan Salam
Menyebarkan salam adalah amalan yang dianjurkan. Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menyebutkan bahwa tidak akan mencapai tingkat iman yang sempurna hingga kita saling mencintai. Salah satu cara untuk saling mencintai adalah dengan menyebarkan salam di antara kita.

Memenuhi Undangan
Memenuhi undangan, baik untuk acara walimah maupun undangan lainnya, selama kita mampu dan tidak terdapat kemungkaran di dalamnya.

Tujuh Larangan

Cincin Emas
Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam melarang kaum laki-laki memakai cincin emas. Emas sebagai logam mulia halal untuk wanita, namun haram untuk pria. Wanita diperbolehkan berhias dengan emas, sedangkan pria seharusnya memperhatikan perhiasan alami seperti perawatan tubuh dan jenggot.

Wadah dari Emas dan Perak
Menggunakan wadah dari emas dan perak, baik untuk laki-laki maupun wanita, dilarang. Hal ini berlaku untuk piring, sendok, gelas, dan alat makan lainnya. Penggunaan wadah dari emas atau perak adalah bentuk kebanggaan yang dilarang dalam Islam.

Bantal dari Sutra
Penggunaan bantal yang terbuat dari sutra. Ini biasanya dipasang diatas pelana unta. Kalau sekarang mungkin seseorang menggunakan pakai bantal untuk diletakkan kursi atau mobilnya. Jika ini terbuat dari sutra, maka dilarang.

Kain dari Katan
Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam melarang penggunaan kain yang terbuat dari katan. Katan, yang dikenal dalam bahasa Inggris sebagai flax, adalah jenis bahan yang berasal dari tanaman. Kain dari bahan ini tidak diperbolehkan untuk digunakan oleh laki-laki.

Sutra
Penggunaan sutra dilarang untuk kaum laki-laki, sedangkan wanita diperbolehkan menggunakannya.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian dan simak pembahasan yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/54376-perintah-mendoakan-orang-yang-bersin/